ahlan wasahlan

Thursday, December 22, 2011

Jom pakat gi Konvensyen Tarbiyah Anak Muda Kelate 2011




JEMPUTAN PENTING KE KONVENSYEN TARBIAH ANAK MUDA KELATE 1433H
(Ke Arah mengekalkan kemenangan dan mencipta kemenangan baru dlm PRU13)

TARIKH:
27 & 28 Muharram 1433H
... BERSAMAAN
23 & 24 Disember 2011M

TEMPAT:
PUSAT TARBIAH ISLAMIAH KELANTAN
(PUTIK)

TEMA

“ SATUKAN FIKRAH SEIRINGKAN LANGKAH ”

SASARAN

1,486 orang yang terdiri daripada pemimpin persatuan belia & beliawanis di peringkat Parlimen & DUN, pemimpin mahasiswa daripada IPTA dan IPTS serta pemuda-Pemudi daripada seluruh negeri Kelantan. Jumlah sasaran adalah sebagaimana berikut:-
1) Seluruh Exco Dppnk = 30 orang
2) Seluruh Exco Dpp Kawasan 16 X 14 = 224 orang
3) Kepimpinan Pemuda dari seluruh Kawasan (Ajk di Dun/Cawangan/Nuqabak) 40 X 14 = 560 orang
4) Pimpinan pelajar Sekolah YIK 15 X 24 (Maahad) = 360 orang
5) Nisa dan wakil Muslimat 8 X 14 = 112
6) NGO Pemuda (Merak/Per. Bina Badan/Despatch KB) 20 X 10 = 200

ATURCARA PROGRAM

Hari Pertama 23/12/2011 (Jumaat)
3.00 petang : Pendaftaran peserta
4.20 petang : Solat Asar berjemaah
4.45 petang : Majlis Iftitah dan Gimik Tarbawi
(Disempurnakan oleh YB Dato’ Hj Abdul Fatah Mahmood)
6.00 petang : Makan malam
6.45 malam : Wirid Mathurat / Solat Maghrib berjemaah
7.20 malam : Bicara Seni Tarbawi
(Dato’ Hj Yahya Osman)
8.25 malam : Solat Isyak berjemaah
8.40 malam : Forum Sofwah Islamiah
10.40malam : Tayangan Tarbawi siri 1 dan pementasan minda
11.15 malam : Halaqah al-Mulk / Istirehat



Hari Kedua 24/12/2011 ( Sabtu )
4.45 pagi : Qiamullail Jamaie bermula
5.50 pagi : Solat Subuh berjemaah
6.15 pagi : Tayangan Siri II dan Kuliah Anak Muda
7.20 pagi : Sarapan & Khidmat diri
8.35 pagi : Kita & Gerakan Islam Global; Menghadapi Cabaran kini
(Tetamu PKS dari Indonesia)

11.00 pagi : Diskusi Buku terpilih (Negara Berkebajikan)
(Dr. Zulkifli Ahmad)
12.45 t/hari : Makan tengahari
1.15 petang : Solat Zuhur berjemaah
2.00 petang : Tayangan siri III: Kita & Jihad / pementasan minda
2.45 petang : Resolusi Anak Muda Kelate/Doa Wehdah
3.10petang : Amanat & Taujihat oleh YAB Tuan Guru Menteri Besar Kelantan
4.15 petang : Solat Asar berjemaah
5.00 petang : Bersurai


Read more...

Saturday, December 17, 2011

Tukang Kapak Dan Mungkar Nangkir

Tukang Kapak Dan Mungkar Nangkir

Al kisahnya seorang jutawan telah menulis satu wasiat. Barang siapa yang
mendapat menjaganya di dalam kubur setelah beliau mati nanti akan diwarisi separuh dari harta peninggalannya itu. Lalu di tanya pada anak-anak semua adakah mereka sanggup menjaganya didalam kubur nanti. Lantas menjawab anak, mana mungkin kami sanggup menjaga mu wahai ayah. Kerana pada masa itu ayah sudah pun menjadi mayat. Selang keesokan di panggil semua adik beradiknya. Dan beliau berkata. Wahai adik-adik ku sekelian sanggupkah kamu menjaga akan daku setelah aku mati nanti?. Bersama selama 40 hari di dalam kubur yang ku hias indah seperti banglo mewah ini. Dan aku juga akan memberi setengah dari harta
ku kepada di antara kamu yg sanggup bersama ku. Adik-adiknya pun menjawab. Wahai abang ku, adakah engkau sudah gila? mana mungkin manusia sanggup bersama mayat selama itu di atas bumi inikan pula di dalam tanah.

Lalu dengan sedih jutawan tersebut membawa diri ke kamarnya. Beliau masih bertegas dengan hajatnya yang ingin di teman di dalam kubur nanti apabila beliau sudah mati nanti. Di panggil setiausahanya supaya di war-war di dalam akhbar dan media akan wasiatnya itu. Dan akhirnya sampai jugalah hari di mana jutawan tersebut kembali ke Rahmatullah. Kuburnya di hias indah dan di gali seperti sebuah banglo
di dalam tanah yg mempunyai kemudahan harian selama 40 hari.


Dan pada waktu yang sama seorang tukang kapak yang sangat miskin telah mendengar akan wasiat tersebut lalu di beritahu kepada isterinya apakah aku perlu mengambil kesempatan ini untuk menjadi kaya.
Isterinya berkata, wahai suami ku apa la sangat menjaga mayat tersebut
selama 40 hari di bandingkan kerja-kerja mu di dalam hutan bertemu harimau dan hantu bajang ketika menebang kayu. Lagi pun makanan disediakan. Tukang kayu tersebut dengan tergesa-gesalah ke rumah jutawan tersebut untuk memaklumkan kepada waris jutawan tersebut akan niatnya. Keesokan harinya di kebumikanlah jenazah jutawan tersebut walaupun
mendapat bantahan dari orang-orang yang tahu akan agama.

Situkang kapak tu pun ikut sekali turun ke dalam tanah bersama kapaknya, setelah tujuh langkah para hadirin meninggalkan tanah perkuburan maka datanglah mungkar dan nangkir ke dalam kubur tersebut. Si tukang kapak yang tahu sedikit pasal agama menyedari akan siapa yang hadir itu pun menjauhkan diri dari mayat jutawan tersebut. Terfikir di fikiranya bahawa sudah tiba masanya jutawan tersebut akan di soal oleh mungkar dan nangkir. Tetapi sebaliknya yang berlaku. Mungkar dan nangkir telah menuju ke arahnya dan lalu berkata.



M&N : Apa yang kau buat di sini?
T.K : Aku menjaga mayat tersebut selama 40 hari untuk mendapat setengah harta wasiatnya.
M&N : apa harta yang kau ada sekarang?
T.K : Aku cuma ada sebatang kapak ini sahaja untuk mencari rezeki.
M&N : Dari mana kau dapat kapak ni?
T.K : Aku membelinya.
Lalu hilanglah mungkar dan nangkir di hari pertama di dalam kubur tersebut.
Hari kedua di tanya pula : -
M&N : Apa yang kau buat dengan kapak ni?
T.K : Aku menebang pokok untuk di jadikan kayu api untuk di jual.

Hari ketiga di tanya lagi pasal kapak tersebut.
M&N : Pokok siapa yang kau tebang dengan kapak ni?
T.K : kat hutan mana ada orang punya pokok.
M&N : Adakah kau pasti?

Lalu hilang lagi mungkar dan nangkir.
Hari ke empat.
M&N : Adakah kau potong pokok tersebut dengan kapak ini ukuranya dan beratnya
sama untuk di jual.
T.K : Aku potong cincai-cincai je,mana boleh ukur sama rata?

Lalu hilang dan muncul mungkar dan nankir tersebut selama 39 hari dan
soalannya tetap sama berkisarkan kapak tersebut.
Dan di hari terakhir ke 40 datanglah mungkar dan nangkir sekali lagi bertemu dengan tukang kapak tersebut.

Berkata mungkar dan nangkir hari ini hari terakhir aku bersama mu buat
seketika tapi aku akan bertanya pasal kapak ini. Belum sempat mungkar dan
nangkir meyoal beliau, si tukang kapak tersebut telah melarikan diri ke
atas dan membuka pintu kubur tersebut. Lalu di perhatikannya begitu ramai
orang sudah menantikan kehadiranya untuk keluar dari kubur tersebut.

Si tukang kapak tersebut dengan tergesa-gesa keluar dan meninggalkan
mereka semua dan sambil berkata ambillah korang semua harta tersebut dan
aku tidak menginginkannya lagi.

Sampai di rumah lalu si isteri berkata wahai suami ku di manakah
setengah harta peninggalan jutawan tersebut?

Maka jawab si tukang kapak. Aku tidak mahukannya lagi. Sedangkan harta aku
yang ada kat dunia ini hanya kapak. Tapi apa yang di soal mungkar dan
nangkir selama 40 hari semuanya hanya pasal kapak ini. Apa akan jadi
sekiranya harta aku begitu banyak. Bagaimana dapat aku menjawabnya.

“JAGA IMAN. JAGA SOLAT. JAGA AKHLAK”

Read more...

Monday, December 12, 2011

Mengupas Syiah

بسم الله الرحمان الرحيم




MUQADDIMAH

Semenjak kematian Imam mereka, Syi'ah mengalami perkembangan dan perpecahan.

Dan semakin jauh perpecahan mereka, semakin banyak pula ajaran dan paham baru. Dimana tidak jarang ajaran Syi'ah dalam satu periode bertentangan dengan ajaran
mereka pada periode sebelumnya. Karena setiap Imam memberikan ajaran, dimana perkataan Imam bagi Syi'ah adalah hadits, sama dengan sabda Rasulullah
Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wasallam. Bahkan ada yang ber-anggapan bahwa perkataan Imam sama dengan
firman Allah.

Namun yang kita bicarakan dalam kapasitas ini adalah kelompok Syi'ah yang percaya kepada dua belas Imam (Syi'ah Imamiyah Al-Itsna 'Asyariyah) dan sekte inilah
yang masuk dan berkembang di Indonesia.

Namun kemungkinan orang-orang Syi'ah di sekitar anda akan mengingkari tulisan ini sambil berkata: "Syi'ah tidak seperti ini!" Tetapi tidak selayaknyalah mereka
mengingkari perkataan-perkataan ulama-ulama besar mereka, Karena bahan bacaan yang kami gunakan dalam penyusunan risalah ini menggunakan kitab-kitab pokok
Syi'ah yang ditulis oleh ulama-ulama besar Syi'ah sebagai referensi.

PEMBAHASAN


Abdullah bin Saba' adalah seorang pendeta Yahudi dari Yaman yang pura-pura masuk Islam pada akhir kekhalifahan 'Utsman radiallahu 'anhu.

Dialah orang yang pertama mengisukan bahwa yang berhak menjadi khalifah setelah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam adalah Ali Shallallahu 'Alaihi
Wasallam.

Tetapi pada abad ke-14, dimunculkanlah isu bahwa Abdullah bin Saba' itu adalah manusia bayangan. Mungkin didorong oleh rasa tidak enak, karena timbul
imajinasi bahwa ajaran Syi'ah itu berasal dari Yahudi.
Tetapi itu merupakan fakta sejarah yang telah dibakukan, diakui oleh ulama-ulama Syi'ah pada jaman dahulu hingga sekarang.

Sungguh keliru orang yang mengatakan bahwa tidak ada perbedaan antara Sunni dan Syi'ah, kecuali sebagaimana perbedaan yang terjadi antara madzhab yang empat
(Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hambali) dan masalah-masalah furu'iyah ijtihadiyyah!

Ketahuilah bahwa Syi'ah adalah agama di luar Islam. Perbedaan antara kita kaum Muslimin dengan Syi'ah sebagaimana berbedanya dua agama dari awal sampai
akhir yang tidak mungkin disatukan, kecuali salah satunya meninggalkan agamanya.

Agar para pembaca mengetahui bashirah (yakni hujjah yang kuat dan terang naqliyyun dan aqliyyun) bahwa Syi'ah adalah dien/agama, maka di bawah ini kami tuliskan sebagian dari aqidah Syi'ah yang tidak seorang Muslim pun meyakini salah satunya melainkan dia telah keluar dari Islam.



1. Mereka mengatakan bahwa Allah Ta'ala tidak mengetahui bagian tertentu sebelum terjadi. Dan mereka sifatkan Allah Ta'ala dengan al-Bada' yakni Allah Subhanahu wa Ta'ala baru mengetahui sesuatu setelah terjadi.

2. Tahriful Qur'an (Perubahan Al-Qur'an). Yakni mereka mengi'tiqadkan telah terjadi perubahan besar-besaran di dalam Al-Qur'an. Ayat-ayat dan surat-suratnya telah
dikurangi atau ditambah oleh para shahabat Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam di bawah pimpinan tiga khalifah yang merampas hak ahlul bait, yaitu Abu Bakar, 'Umar dan 'Utsman radhiallahu 'anhum ajmain.

Salah satu ayat yang dibuang menurut versi Syi'ah adalah ayat wilayah (kedudukan) yang terdiri dari tujuh ayat. Kami tuliskan ayat ketujuhnya : Dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan Ali termasuk orang-orang yang menjadi saksi.


3. Mereka juga mengatakan bahwa Al-Qur'an yang ada di tangan kaum Muslimin dari zaman shahabat sampai hari ini tidak asli lagi. Kecuali Al-Qur'an mereka yang
tiga kali lebih besar dari Kitabullah yang mereka namakan mushaf Fatimah yang akan dibawa oleh Imam Mahdi. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah berfirman (yang terjemahannya):

"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami-lah yang benar-benar memelihara/menjaganya." (Al-Hijr: 9).

(Al-Qur'an) yang tidak datang padanya kebathilan baik dari depan maupun belakangnya, yang diturunkan ALLAH Yang Maha Bijaksana (lagi) Maha Terpuji."
(Fush-shilat : 42).

Alangkah besarnya dusta dan penghinaan mereka terhadap Al-Qur'an. Allah Subhanahu wa Ta'ala tegaskan bahwa Al-Qur'an di dalam pemeliharaan-Nya dan tidak akan
kemasukan satupun yang bathil dari segala jurusan. Akan tetapi mereka mengatakan bahwa Al-Qur'an telah diubah oleh tangan-tangan manusia, yaitu para shahabat.

4. Mengadakan penyembahan terhadap manusia. Mereka bersikap berlebih-lebihan terhadap imam-imam mereka, sehingga mereka tinggikan sampai kepada derajat
uluhiyyah (ketuhanan). Untuk itu, mereka telah berbohong atas nama shahabat besar ahlul jannah, Ali bin Abi Thalib bersama istrinya (Fatimah puteri Nabi
Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wasallam) dan kedua orang anaknya (Hasan dan Hushain) dan seluruh ahlul bait. Lihatlah kepada sebagian perkataan ulama mereka tentang Ali bin Abi Thalib yang kata mereka -secara dusta- telah mengatakan:

Demi Allah. Sesungguhnya akulah yang bersama Ibrahim di dalam api, dan akulah yang menjadikan api itu dingin dan selamatlah Ibrahim. Dan aku bersama Nuh di dalam bahtera (kapal), dan akulah yang menyelamatkannya dari tenggelam. Dan aku bersama Musa, lalu aku ajarkan ia Taurat. Dan akulah yang membuat Isa dapat berbicara di waktu masih bayi dan akulah yang mengajarkannya Injil. Dan aku bersama Yusuf di dalam sumur, lalu aku selamatkan ia dari tipu daya saudara-saudaranya.
Dan aku bersama Sulaiman di atas permadani (terbang),
dan aku-lah yang menundukkan angin untuknya).

(Dinukil dari kitab Syi'ah wa Tahrifu al-Qur'an oleh Syaikh Muhammad Malullah halaman 17, nukilan dari kitab al-Anwaaru an-Nu'maaniyyah (I/31) salah satu
kitab terpenting Syi'ah).

Sekarang lihatlah apa yang dikatakan Khomeini, pemimpin besar agama Syi'ah di dalam kitabnya al-Hukuumatu al-Islamiyyah (hal. 52):

"Dan sesungguhnya yang terpenting dari madzhab kami, sesungguhya imam-imam kami mempunyai kedudukan (maqam) yang tidak bisa dicapai oleh seorang pun malaikat yang
muqarrab/dekat dan tidak oleh seorangpun Nabi yang pernah diutus."
Maksudnya, imam-imam mereka itu jauh lebih tinggi d ari para malaikat dan sekalian Nabi yang pernah diutus.

Inilah salah satu penghinaan terbesar Khomeini kepada seluruh Malaikat dan para Nabi semuanya (termasuk Jibril dan Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, berpegang kepada keumuman lafadz yang diucapkan Khomeini). Sangat tidak pantas seorang pemuda
Ahlus Sunnah mengidolakan orang seperti ini, bahkan sampai memajang posternya di dalam kamarnya.

Mereka pun meriwayatkan secara dusta atas nama Ali: Dan akulah yang menghidupkan dan memati-kan. (Syi'ah wa Tahrifu al Qur'an, hal 17).

Lihatlah! Bagaimana mereka samakan Ali dengan Namrud dan Fir'aun yang mengaku sebagai tuhan yang menghidupkan dan mematikan.

5. Di antara I'tiqad Syi'ah yang terpenting dan menjadi salah satu asas agama mereka adalah aqidah raj'ah, yaitu keyakinan hidup kembali di dunia ini
sesudah mati, atau kebangkitan orang-orang yang telah mati di dunia.

Peristiwanya terjadi ketika Imam Mahdi mereka bangkit dan bangun dari tidur panjangnya yang sampai sekarang telah seribu tahun lebih (karena selama ini ia
bersembunyi di dalam gua). Kemudian dihidupkanlah kembali seluruh imam mereka dari yang pertama sampai yang terakhir tanpa terkecuali Rasulullah Shallallahu
'Alaihi Wa Aalihi Wasallam dan putri beliau Fatimah.

Kemudian dihidupkan kembali pula musuh-musuh Syi'ah yang terdepan yakni Abu Bakar, Umar dan Utsman dan seluruh shahabat dan seterusnya. Mereka semua akan
diadili, kemudian disiksa di depan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wasallam karena telah mendzalimi ahlul bait, merampas imamah dan seterusnya.

(Lihat kitab mereka, Haqqul Yaqin, Hal. 347).

Agidah Raj'ah ini terang-terangan telah mendustakan isi Al-Qur'an diantaranya firman ALLAH Subhanahu wa Ta'ala (yang terjemahannya)

"Dan di hadapan mereka (orang-orang yang telah mati) ada alam kubur sampai hari mereka dibangkitkan (yakni hari kiamat)."

Ayat yang mulia ini menegaskan bahwa orang yang telah mati akan hidup di alam barzakh (alam kubur) dan tidak akan hidup lagi di dunia sampai mereka dibangkitkan
nanti pada hari kiamat.

6. Pengkafiran kepada seluruh shahabat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Aalihi Wasallam, kecuali beberapa orang seperti Ali, Fatimah, Hasan dan Hushain dan..Mereka merendahkan para shahabat dengan caci maki dan laknat dalam melawan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala yang banyak memuji para shahabat di antaranya keridhaan Allah kepada mereka radhiallau 'anhum ajmain.

7. Taqiyyah. Berkata Mufid dalam kitabnya Tashhiih al-I'tiqaad, menerangkan pengertian taqiyah dikalangan Syi'ah:

"Taqiyah adalah menyembunyikan kebenaran dan menutupi keyakinannya, serta menyem-bunyikannya dari orang-orang yang berbeda dengan mereka dan tidak menampakkannya kepada orang lain karena dikhawatirkan akan berbahaya terhadap aqidah dan dunianya."

Ringkasnya, taqiyah adalah berdusta untuk menjaga rahasia. Hakekat Syi'ah memang terkadang sulit diketahui para pengikutnya sendiri. Itu semua dikarenakan aqidah taqiyah dan kitman (sikap menjaga rahasia) yang ada pada mereka.

Bahkan terkadang mereka berpenampilan seolah-olah mencintai Ahlus Sunnah, sehingga semua ini menjadikan orang-orang yang polos di kalangan Ahlus Sunnah tertipu dan terpedaya oleh mereka.

Syi'ah mensyari'atkan dusta yang merupakan aqidah yang harus dipercayai dan bahkan masuk dalam rukun iman, sebagaimana disebut-kan dalam kitab mereka:

"Kulani menukil dari Abdullah, ia berkata: Taq-walah atas agamamu dan berhijablah dengan "taqiyah", maka sesungguhnya tidak sempurna iman seseorang apabila
tidak berdusta (taqiyah).

(Ushulul Kaafi hal. 483. Al Kaafi merupakan salah satu kitab pegangan pokok mereka dalam hal aqidah dan agama Syi'ah Imamiah).

Kulaini mengatakan dari Abdullah ia berkata: Adalah Bapakku mengatakan:

"Dan apakah yang dapat menenangkan pikiranku selain berdusta (taqiyah).

Sesungguhnya taqiyah adalah surga bagi orang yang beriman."
(Ushul Al-Kaafi hal.484).

Jagalah agama kalian dan lindungilah dengan taqiyah, sesungguhnya tidak beriman bagi siapa yang tidak bertaqiyah.

(Al Kulani dalam Ushul Al-Kafi, I/218).

Rafidhah (Syi'ah) memandang wajibnya menggunakan taqiyah terhadap kaum Muslimin. Dengan taqiyah, seakan mereka menunjukkan iltizam-nya tehadap hukum Islam.

Saling meno-long dengan dasar cinta dan kasih sayang dengan kaum Muslimin. Padahal kenyataannya mereka berlepas diri dari kaum Muslimin.

Mereka menganggap bahwa Ahlus Sunnah lebih kafir daripada orang-orang Yahudi, Majusi dan Musyrik.Mereka juga memandang bahwa mereka tidak mungkin bertemu dengan kaum Muslimin dalam masalah agama. Seperti yang dijelaskan oleh Ni'matullah al-Jazairi, ia berkata:

"Sesungguhnya kita tidak bertemu dengan mereka atas satu ilah (sembahan), tidak pula atas satu nabi dan tidak pula atas satu imam. Yang demikian itu karena mereka mengatakan bahwasanya Tuhan mereka adalah yang mengutus Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam sebagai nabinya dan mengangkat Abu Bakar sebagai khalifahnya.

Sedangkan kami tidak mengatakan dengan Tuhan yang demikian itu dan tidak pula dengan nabinya. Akan tetapi yang kami katakan bahwa Tuhan yang mengangkat Abu Bakar bukanlah Tuhan kita, tidak pula nabi tersebut adalah nabi kita."

(Ash-Shirath al-Mustaqim Ila Mustahqi at-Taqdim, III/73).

Oleh karena itu mereka menyelisihi kaum Muslimin dalam segala perkaranya.

Menjadikan hal demikian sebagai prinsip mereka yang paling penting, dan mereka membangun agamanya atas prinsip tersebut. Seperti yang diriwayatkan oleh
ash-Shadiq dari Ali bin Absath, ia berkata:

"Aku berkata kepada Radha 'Alaihissalaam :
'Aku memiliki masalah, tetapi aku tidak memperoleh pemecahannya. Sedang di negeri tersebut tidak seseorang pun ulama kita (Syi'ah). Radha menjawab:

'Datanglah kepada ahli fiqh yang ada di negeri itu, lalu mintalah fatwa berkenaan dengan masalahmu. Tapi ambillah kebalikannya. Karena, kebenaran itu ada pada
kebalikan (pernyataan fatwa) tersebut."

(Dikutip dari kitab mereka Al-Anwar An-Nu'maniyah II/278).

Menurut Khomeini, imannya orang Syi'ah tidak sempurna kecuali bila ia telah berbeda dengan Ahlus Sunnah wal Jama'ah (Al-Hukumat al-Islamiyyah hal. 83).

Berkata Ash-Shadiq; "Ayahku berkata dalam suratnya: 'Janganlah engkau bermakmum shalat kecuali pada dua macam orang. Pertama orang yang engkau percayai agama
dan kewaraannya. Kedua, orang yang engkau khawatirkan pedang, kekerasan, dan kekejiannya terhadap agama-(mu). Shalatlah di belakangnya dengan cara taqiyah dan berpura-pura."

(Dikutip dari kitab mereka Man laa yahdhuruhu al-Faqiih, I/265).

Syaikh mereka Majlisi meriwayatkan dari Abi Abdillah, bahwasanya ia pernah berkata:

....... Maka Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

"Diperintahkan supaya bertaqiyah....."

(Kitab Syi'ah, Bihar al-Anwar,XXIV/47)

Inilah kepalsuan yang sangat besar terhadap kedudukan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan terhadap keluarga-nya dan kerabatnya.

Seandainya kita menerima bahwa ahlul bait takut terhadap para penguasa, maka siapakah yang ditakuti oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan
kepada siapakah beliau pernah bertaqiyah? Padahal beliaulah yang tegak menentang kaum kafir Quraisy dan para pembesarnya. Beliau hadapi mereka, beliau
selisihi agamanya serta beliau seru mereka untuk beribadah kepada Allah semata. Jadi mengaitkan taqiyah kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan keluarganya
merupakan dusta yang sangat besar.

Manfaatkan Sebaik mungkin..


Read more...

Adab Membaca Al-Quran

بسم الله الرحمان الرحيم
Al Qura'an sebagai Kitab Suci, Wahyu Ilahi, mempunyai adab-adab tersendiri bagi orang-orang yang membacanya. Adab-adab itu sudah diatur dengan sangat baik, untuk penghormatan dan keagungan Al Quran; tiap-tiap orang harus berpedoman kepadanya dan mengerjakannya.





Imam Al Ghazali di dalam kitabnya Ihya Ulumuddin telah memperinci dengan sejelas-jelasnya bagaimana hendaknya adab-adab membaca Al Qur'an menjadi adab yang mengenal batin, dan adab yang mengenal lahir.



Adab yang mengenal batin itu, diperinci lagi menjadi arti :
memahami asal kalimat, cara hati membesarkan kalimat Allah, menghadirkan hati dikala membaca sampai ke tingkat memperluas, memperhalus perasaan dan membersihkan jiwa.

Dengan demikian, kandungan Al Quran yang dibaca dengan perantaraan lidah, dapat bersemi dalam jiwa dan meresap ke dalam hati sanubarinya. Kesemuanya ini adalah adab yang berhubungan dengan batin, yaitu dengan hati dan jiwa.

Sebagai contoh, Imam Al Ghazali menjelaskan, bagaimana cara hati membesarkan kalimat Allah, yaitu bagi pembaca Al Qur'an ketika ia memulainya, maka terlebih dahulu ia harus menghadirkan dalam hatinya, betapa kebesaran Allah yang mempunyai kalimat-kalimat itu. Dia harus yakin dalam hatinya, bahwa yang dibacanya itu bukanlah kalam manusia, tetapi adalah kalam Allah Azza wa Jalla. Membesarkan kalam Allah itu, bukan saja dalam membacanya, tetapi juga dalam menjaga tulisan-tulisan Al Quran itu sendiri.

Sebagaimana yang diriwayatkan, 'Ikrimah bin Abi Jahl, sangat gusar hatinya bila melihat lembaran-lembaran yang bertuliskan Al Quran berserak-serak seolah-olah tersia-sia, lalu ia memungutnya selembar demi selembar, sambil berkata:"Ini adalah kalam Tuhanku! Ini adalah kalam Tuhanku, membesarkan kalam Allah berarti membesarkan Allah."

Adapun mengenai adab lahir dalam membaca Al Quran, selain didapati di dalam kitab Ihya Ulumuddin, juga banyak terdapat di dalam kitab-kitab lainnya. Misalnya dalam kitab Al Itqan oleh Al Imam Jalaludin As Suyuthu, tantang adab membaca Al Quran itu diperincinya sampai menjadi beberapa bagian.

Diantara adab-adab membaca Al Quran, yang terpenting ialah:

1. Disunatkan membaca Al Quran sesudah berwudhu, dalam keadaan bersih, sebab yang dibaca adalah wahyu Allah.

2. Mengambil Al Quran hendaknya dengan tangan kanan; sebaiknya memegangnya dengan kedua belah tangan.

3. Disunatkan membaca Al Quran di tempat yang bersih, seperti di rumah, di surau, di mushalla dan di tempat-tempat lain yang dianggap bersih. Tapi yang paling utama ialah di masjid.

4. Disunatkan membaca Al Quran menghadap ke Qiblat, membacanya dengan khusyu' dan tenang; sebaiknya dengan berpakaian yang bersih

5. Ketika membaca Al Quran, mulut hendaknya bersih, tidak berisi makanan, sebaiknya sebelum membaca Al Quran mulut dan gigi dibersihkan terlebih dahulu.

6. Sebelum membaca Al Quran disunatkan membaca ta'awwudz, yang berbunyi: a'udzubillahi minasy syaithanirrajim. Sesudah itu barulah dibaca Bismillahirrahmanir rahim. Maksudnya, diminta lebih dahulu perlindungan Allah, supaya terjauh pengaruh tipu daya syaitan, sehingga hati dan fikiran tetap tenang di waktu membaca Al quran, dijauhi dari gangguan. Biasa juga orang yang sebelum atau sesudah membaca ta'awwudz itu, berdoa dengan maksud memohon kepada Allah supaya hatinya menjadi terang. Doa itu berbunyi sebagai berikut.

"Ya Allah bukakanlah kiranya kepada kami hikmat-Mu, dan taburkanlah kepada kami rahmat dan khazanah-Mu, ya Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

7. Disunatkan membaca Al Quran dengan tartil, yaitu dengan bacaan yang pelan-pelan dan tenang, sesuai dengan firman Allah dalam surat (73) Al Muzammil ayat 4:

"....Dan bacalah Al Quran itu dengan tartil".

Membaca dengan tartil itu lebih banyak memberi bekas dan mempengaruhi jiwa, serta serta lebihmendatangkan ketenangan batin dan rasa hormat kepada Al Quran.

Telah berkata Ibnu Abbas r.a.:" Aku lebih suka membaca surat Al Baqarah dan Ali Imran dengan tartil, daripada kubaca seluruh Al Quran dengan cara terburu-buru dan cepat-cepat."

8. Bagi orang yang sudah mengerti arti dan maksud ayat-ayat Al Quran, disunatkan membacanya dengan penuh perhatian dan pemikiran tentang ayat-ayat yang dibacanya itu dan maksudnya. Cara pembacaan seperti inilah yang dikehendaki, yaitu lidahnya bergerak membaca, hatinya turut memperhatikan dan memikirkan arti dan maksud yang terkandung dalam ayat-ayat yang dibacanya. Dengan demikian, ia akan sampai kepada hakikat yang sebenarnya, yaitu membaca Al Quran serta mendalami isi yang terkandung di dalamnya.Hal itu akan mendorongnya untuk mengamalkan isi Al Quran itu. Firman Allah dalam surat (4) An Nisaa ayat 82 berbunyi sebagai berikut:

"Apakah mereka tidak memperhatikan (isi) Al Quran?..."

Bila membaca Al Quran yang selalu disertai perhatian dan pemikiran arti dan maksudnya, maka dapat ditentukan ketentuan-ketentuan terhadap ayat-ayat yang dibacanya. Umpamanya: Bila bacaan sampai kepada ayat tasbih, maka dibacanya tasbih dan tahmid; Bila sampai pada ayat Doa dan Istighfar, lalu berdoa dan minta ampun; bila sampai pada ayat azab, lalau meminta perlindungan kepada Allah; bila sampai kepada ayat rahmat, llau meminta dan memohon rahmat dan begitu seterusnya. Caranya, boleh diucapkan dengan lisan atau cukup dalam hati saja.

Diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud, dari Ibnu Abbas yang maksudnya sebagai berikut: "Sesungguhnya Rasulullah s.a.w. apabila membaca: "sabbihissma rabbikal a'la beliau lalu membaca subhanarobbiyal a'la . Diriwayatkan pula oleh Abu Daud, dan Wa-il binHijr yang maksudnya sebagai berikut:" Aku dengan Rasulullah membaca surat Al Fatihah , maka Rasulullah sesudah membaca walad dholliin lalu membaca aamin . Demikian juga disunatkan sujud, bila membaca ayat-ayat sajadah, dan sujud itu dinamakan sujud tilawah.

Ayat-ayat sajadah itu terdapat pada 15 tempat yaitu:
alam surat Al-A'raaf ayat 206
dalam surat Ar-ra'd ayat 15
dalam surat An-Nahl ayat 50
dalam surat Bani Israil ayat 109
dalam surat Maryam ayat 58
dalam surat Al-Haji ayat 18 dan ayat 77
dalam surat Al Furqaan ayat 60
dalam surat Annaml ayat 26
dalam surat As-Sajdah ayat 15
dalam surat As-Shad ayat 24
dalam surat Haamim ayat 38
dalam surat An-Najm ayat 62
dalam surat Al-Insyiqaq ayat 21, dan
dalam surat Al-'Alaq ayat 19

9. Dalam membaca Al Quran itu, hendaknya benar-benar diresapkan arti dan maksudnya, lebih-lebih apabila sampai pada ayat-ayat yang menggambarkan nasib orang-orang yang berdosa, dan bagaimana hebatnya siksaan yang disediakan bagi mereka. Sehubungan dengan itu, menurut riwayat, para sahabat banyak yang mencucurkan air matanya di kala membaca dan mendengar ayat-ayat suci Al Quran yang menggambarkan betapa nasib yang akan diderita oleh orang-orang yang berdosa.

10. Disunatkan membaca Al Quran dengan suara yang bagus lagi merdu, sebab suara yang bagus dan merdu itu menambah keindahan islubnya Al Quran. Rasulullah s.a.w. telah bersabda:

"Kamu hiasilah Al Quran itu dengan suaramu yang merdu"

Diriwayatkan, bahwa pada suatu malam Rasulullah s.a.w. menunggu-nunggu istrinya, Sitti 'Aisyah r.a. yang kebetulan agak terlambat datangnya. Setelah ia datang, Rasulullah bertanya kepadanya:" Bagaimanakah keadaanmu?" Aisyah menjawab :"Aku terlambat datang, karena mendengarkan bacaan Al Quran seseorang yang sangat bagus lagi merdu suaranya. Belum pernah aku mendengarkan suara sebagus itu." Maka Rasulullah terus berdiri dan pergi mendengarkan bacaan Al Quran yang dikatakan Aisyah itu. rasulullah kembali dan mengatakan kepada Aisyah:" Orang itu adalah Salim, budak sahaya Abi Huzaifah. Puji-pujian bagi Allah yang telah menjadikan orang yang suaranya merdu seperti Salim itu sebagai ummatku."

Oleh sebab itu, melagukan Al Quran dengan suara yang bagus, adalah disunatkan, asalkan tidak melanggar ketentuan-ketentuan dan tata cara membaca sebagaimana yang telah ditetapkan dalam ilmu qiraat dan tajwid, seperti menjaga madnya, harakatnya (barisnya) idghamnya dan lain-lainnya. Di dalam kitab zawaidur raudhah, diterangkan bahwa melagukan Al Quran dengan cara bermain-main serta melanggar ketentuan-ketentuan seperti tersebut di atas itu, haramlah hukumnya; orang yang membacanya dianggap fasiq, juga orang yang mendengarkannya turut berdosa.

11. Sedapat-dapatnya membaca Al Quran janganlah diputuskan hanya karena hendak berbicara dengan orang lain. Hendaknya pembacaan diteruskan sampai ke batas yang telah ditentukan, barulah disudahi. Juga dilarang tertawa-tawa, bermain-main dan lain-lain yang semacam itu, ketika sedang membaca Al Quran. Sebab pekerjaan yang seperti itu tidak layak dilakukan sewaktu membaca Kitab Suci dan berarti tidak menghormati kesuciannya.

Itulah diantara adab-adab yang terpenting yang harus dijaga dan diperhatikan, sehingga dengan demikian kesucian Al Quran dapat terpelihara menurut arti yang sebenarnya.
Read more...

Saturday, December 10, 2011

Selamat Menduduki Peperiksaan Akhir Tahun 2011

assalamualaikum...

alhamdulillah, bersyukur ke hadrat Ilahi di atas segala pemberian nikmat-Nya, selawat dan salam ke atas Nabi S.A.W yang memebawa rahmat untuk sekalian alam..sudah agak lama kami Lajnah Penerangan dan Penerbitan tidak mengemas kini blog di sebabkan beberapa faktor.di samping, pelajar 1,2,3 dan 5 MTAQ sedang menduduki fatrah peperiksaan.bittaufiq wannajah..semoga dipermudahkan oleh Allah.
ندعوا لكم النجاح والتفوّق...segala cadangan, tunjuk ajar, dan komentar oleh pembaca diharapkan dapat membantu kami memperbaiki bloq ini dan menyumbang ke arah pembangunan umat Islam..^_^

renungan :
'kita amat bersungguh-sungguh manghadapi peperiksaan, penuh dengan persediaan..apa yang ingin kita hadapi 1 atau 2 jam di dalam dewan peperiksaan..namun, bagaimanakah persediaan kita menghadapi 1 atau 2 jam di akhirat yang ingin dihitung hari di akhirat adalah 1 hari bersamaan 1000 tahun( قال الله تعالى :ألف سنة ممّا تعدّون)..maka begitulah persediaan kita di dunia
Read more...

Hayati Cuti Anda!!!


Bismillahir Rahmanir Rahim..
Assalamualiakum warahmatullahi wabarakatuh..
Alhamdulillah, segala puji bagi Tuhan sekalian alam, selawat dan salam ke atas Nabi Muhammad SAW..setinggi- tinggi kesyukuran ke hadrat Ilahi..dengan nikmatNya yang tidak terhingga..yang mana kita boleh umpamakan seperti makhota..apabila seorang raja memakai mahkota itu..maka segala arahan nya akan dijalankan.segala perbuatan dapat dilakukan..tetapi, apabila kehilangannya..baru terfikir akan nikmat yang dikurniakan.bercakap tentang nikmat..cuti panjang ini, mesti lah suatu nikmat untuk kita.bahkan untuk seorang pelajar yang tinggal di asrama penuh..sekolah menengah, mahupun agama atau tahfiz adalah suatu yang ditunggu-tunggukan.namun, harus kita ingat mensyukuri nikmat itu penting agar kita termasuk di dalam golongan yang sedikit..Allah berfirman :

7. dan (ingatlah) ketika Tuhan kamu memberitahu: "Demi sesungguhnya! jika kamu bersyukur nescaya Aku akan tambahi nikmatKu kepada kamu, dan Demi sesungguhnya, jika kamu kufur ingkar Sesungguhnya azabKu amatlah keras". Surah Ibrahim.

13. ....dan sememangnya sedikit sekali di antara hamba-hambaKu Yang bersyukur. Surah
Saba'

Maksud syukur pula ialah, kita menggunakan pemberian Allah itu dengan sebaiknya..contohnya : jika pen itu digunakan untuk menulis, tetapi kita menggunakan untuk membunuh..semstinya ianya tersimpang dari tujuan pen itu diciptakan..dan manusia, tidka lain, tidak bukan diciptakan untuk : Allah berfirman :

56. dan (ingatlah) Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan untuk mereka menyembah dan beribadat kepadaKu. Surah Az-zariyat

Ha! Begitulah tujuan kita di dunia...yang merupakan jambatan untuk ke akhirat..jika kita tahu bahawasanya di seberang sana ada tempat yang menarik.sudah tentu kita akan melintasi jambatan ini dengan cepat tanpa menoleh ke kanan dan ke kiri..

Pembaca yang di rahmati Allah..
Hayatilah cuti anda dengan sebaiknya..jangan membazirkan masa dengan perkara yang tidka berfaedah.
Semakin hari, semakin singkat umur kita dan semaikn hampir ke destinasi sebenar..
Ayuh!! Kita mengorak langkah untuk sama-sama berubah untuk masa depan yang hakiki...
Read more...